Notification

×

Kategori Berita

Tags

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Banner Iklan Sariksa

Bupati Kaswadi Razak Launching Aplikasi Si Impian ASN

Selasa, 02 Agustus 2022 | Agustus 02, 2022 WIB Last Updated 2022-10-31T20:00:26Z
KODE IKLAN DISINI
KODE IKLAN DISINI


LENSAPANEL.COM, SOPPENG - Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan pengembangan kompetensi SDM dan perubahan pola pikir ASN bagi pejabat fungsional yang diangkat dalam Penyetaraan jabatan tahun 2022.

Selain itu, juga melaunching aplikasi sistem informasi pengembangan kompetensi ASN (Si Impian ASN), yang berlangsung di aula Maryam Palace, Watansoppeng.

Bupati Soppeng, Kaswadi Razak dalam sambutannya mengatakan, salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional dalam peningkatan efektifitas dan efesiensi untuk mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik, maka dilakukan penyederhanaan birokrasi melalui penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Kementrian Pendayagunaan Aparatur  Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengeluarkan Permen PANRB nomor 17 Tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional, dan Kabupaten Soppeng merupakan salah satu Kabupaten ya g telah menerapkan PermenPANRB yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Bupati Soppeng nomor 565/XII/2021 Tanggal 31 Desember 2021 tentang Pemberhentian Pejabat Administrasi.

Dan pengangkatan dalam jabatan fungsional melalui penyetaraan jabatan lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng.

“Dengan adanya diklat ini, kinerja para pejabat fungsional dapat lebih ditingkatkan. Jadi tidak ada lagi ASN yang bermain game di waktu jam kerja dan kedisiplinan jauh lebih meningkat. Salah satunya dengan datang ke kantor tepat waktu dan mengisi kehadiran di aplikasi Apatoki,” tegasnya.

Dijelaskannya, aplikasi sistem informasi pengembangan kompetensi ASN (Si Impian ASN) bertujuan mewujudkan akurasi data pengembangan kompetensi ASN di OPD.

Selain itu, aplikasi Si Impian ini sangat bermanfaat karena dapat memberikan kontribusi terhadap OPD yang bersangkutan dalam melahirkan sebuah inovasi.

“Seperti terpenuhinya 20 jam pelajaran hak PNS dalam pengembangan kompetensi. Data pengembangan kompetensi yang terupdate serta pengembangan kompetensi ASN berjalan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten,” ujarnya.

Kepala Balai Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi, Bidang Kelautan, Perikanan,Tekhnologi, Informasi dan Komunikasi (BPPMPV-KPTK), Dr. H. Rusdi mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Pasalnya kata dia, antusiasme peserta Diklat sangat baik. “Kami juga menugaskan fasilitator terbaik kami sesuai standar administrasi Widyaprada/Widyaiswara,” bebernya.

Sementara Kepala BKPSDM Kabupaten Soppeng, Hj. A. Maria Razak mengatakan tujuan kegiatan ini agar SDM Aparatur Sipil Negara dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan sikap pada jabatan fungsional tertentu yang diembannya.

Serta SDM Aparatur Sipil Negara pada jabatan fungsional dapat menyesuaikan diri terhadap tuntutan dan budaya kerja serta operasional lembaga atau instansi sesuai dengan jabatan fungsionalnya.

“Untuk peserta angkatan I yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 orang. Dan angkatan II jumlah peserta sebanyak 163 orang, yang dilaksanakan selama 14 hari,” tutupnya. (***)