Notification

×

Kategori Berita

Tags

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Banner Iklan Sariksa

Pj Gubernur Sulsel Bersama Bupati Soppeng Tebar Ikan Air Tawar di TPI Salomate

Senin, 22 April 2024 | April 22, 2024 WIB Last Updated 2024-05-11T15:27:03Z
KODE IKLAN DISINI
KODE IKLAN DISINI

 


LENSAPANEL SOPPENG - Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE, menyambut kedatangan Pelaksana Tugas (Pj.) Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baharuddin, M. Si, pada Senin (22/04/2024) di TPI Salomate, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng.


Kedatangan Pj. Gubernur Sulsel dan rombongan adalah dalam rangka mengikuti kegiatan “Gerak Tebar Ikan Air Tawar untuk Sumber Ikan Darat Berkelanjutan”. Sebanyak 50.000 ekor bibit ikan nila telah dilepas di Danau Tempe oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan bersama Bupati Soppeng.


Salah seorang nelayan, Bustar, sangat setuju dengan program ini. “Sangat setuju, manfaatnya ini banyak untuk masyarakat di sini, ini membutuhkan benih. Kalau bisa juga ditambah dengan ikan mas,” harapnya.


Nelayan lainnya, Nasrullah, juga demikian. “Kalau bisa juga ada ikan sepat,” ungkapnya.


Ir. Erman Asnawi M.Si, Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Soppeng, menjelaskan bahwa bibit ikan nila yang dilepas tersebut adalah jenis Nila akar yang merupakan persilangan dari nila gesit, nila pandu, dan nila lokal. Bibit ini merupakan unggul produksi dari BBI Ompo.


Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel, Muhammad Ilyas mengungkap, sebanyak 160 ribu benih ikan tersebut terdiri dari 110.000 dari Pemprov Sulsel dan sisanya 50.000 benih ikan dari Balai Benih Ikan (BBI) Ompo dari Soppeng.


“Sebagian benih berasal dari BBI Ompo di Soppeng,” pungkasnya.


Selain pelepasan bibit ikan, kegiatan lain yang dilakukan adalah penanaman bibit pohon sukun dan inseminasi buatan pada sapi. Kegiatan ini dilakukan secara simbolis oleh Pj. Gubernur Sulsel dan Bupati Soppeng.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh para Kepala SKPD lingkup pemerintah Kabupaten Soppeng, Kabag Setda, Camat, Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Marioriawa, penyuluh perikanan, dan masyarakat setempat.
(**)